Rabu, 16 Maret 2016

KENAPA HARUS OLAH RAGA?

  Kenapa olah raga itu penting ?

Apakah anda suka olah raga? apakah anda selalu berolah raga secara rutin? Apakah olah raga kesukaan anda ? apakah anda adalah orang yang menganggap olah raga itu penting? Hmmm.... pada saat sekarang ini banyak yang menjadikan olah raga adalah sebagai gaya hidup khusus nya bagi masayarakat metropolitan. Olah raga juga dijadikan ajang untuk menambah pertemanan dan bahkan juga untuk mencari jodoh hahaha. Banyak klub – klub olah raga yang bermunculan pada saat ini. Klub olah raga menjadi salah satu sarana sosialisasi olah raga yang sangat memikat dan mnggaat banyak peminat, karna dalam klub olah raga semua hal telah diatur sedemikian rupa oleh para pengurus klub tersebut. The spring club yang disebut sebagai salah satu klub oleh raga terbesar se-JABODETABEK, apakah anda salah satu yang termasuk member dalam klub ini? Club yang di kembangkan oleh PT.Summarecon Agung Tbk ini termasuk klub yang sangat elite di kawasan taggerang. Selain untuk berolah raga di the spring club juga merupakan tempat berkumpul keluarga, mencari teman baru dan bersosialisai dengan sesama member.
Namun dari itu semua sebenarnya setiap orang yang ingin berolah raga pasti mempunyai tujuan masing – masing kenapa mereka berolah raga. Berikut adalah uraian kenapa berolah raga itu penting dan harus dilakukan.

A.      Kesehatan

Yaahh .. kesehatan adalah hal yang sangat penting dalam tubuh seorang manusia. Begitu penting nya kesehatan sehingga kata kesehatan dikaitkan dengan kata jiwa yang juga merupakan sesuatu yang sangat penting sekali dalam diri manusia. Sehingga ada nya kata kata yang berbunyi “ mens sana incorpore sano” yang artinya didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Nah . dari kata tersebut bisa kita ambil kesimpulan bahwa sehat tidak nya jiwa seseoarang akan tercermin dari kesehatannya. Contoh nya saja orang yang
sedang sakit pasti akan selalu berfikir negatif karna jiwa nya juga ikutan tidak sehat, tapi sebalik nya orang yang sehat dan bugar sudah pasti mempunyai semangat yang tinggi, pikiran positif dan jiwa yang positif.
Kesehatan yang selalu terjaga akan membuat peforma kita semakin mantap, olah raga adalah salah satu cara yang dianjur agar bisa hidup sehat dan juga bisa mempertahankan kesehatan. Pilihlah olah raga yang anda sukai dan mulailah satu langkah kecil untuk menuju ke kehidupan yang lebih sehat.

B.      Disiplin

Olah raga tidak akan jauh dari kata – kata disiplin. Kenapa ? ada yang bisa menjelaskan? Hehe baiklah akan saya jelaskan. Kenapa olah raga itu bisa membuat kita menjadi disiplin. Tapi sebelum itu saya akan membahas apa itu arti dari kata disiplin. Displin adalah merupakan pengawasan atau kontrol yang berarti orang yang berolah raga harus bisa mengawasi dirinya dan mengontrol dirinya untuk terus melakukan nya secara rutin. Faktor kedisplinan ini merupakan faktor yang sangat penting dalam olah raga. Jika  anda bisa Mengontrol diri anda untuk terus melakukan olah raga secara rutin otomatis anda akan terbiasa hidup teratur dan tidak akan tertutup kemungkinan sifat displin itu akan terbawa dalam kehidupan sehari – hari anda. Kaerna “sesuatu yang kita lakukan secara berulang – ulang kali selama lebih dari 5 kali maka akan menjadi kebiasaan yang akan terus kita lakukan”. Itu adalah kata – kata pak Mario Teguh yang masih saya ingat sampai saat ini. Jadi coba anda praktekkan untuk mngontrol diri anda sendiri agar selalu berolah raga rutin. Dan lihat perubahan yang lebih baik yang akan terjadi dalam hidup anda.


C.      No Stress

Kalo bicara soal stress, semua orang pasti pernah merasakan hal ini. Stress yang dalam bahasa indonesia diartikan “tekanan”. Dari kata tekanan kita sudah bisa membayangkan bagaimana beratnya saat kita dilanda stress. Stress merupakan sesuatu yang sering terjadi disaat sekarang baik itu bagi karyawan, bos, pelajar ngbahkan ibu rumah tangga juga bisa stress. Seperti nya stress ini menjadi kata yang sangat populer kita dengar bahkan jika lihat di media sosial banyak orang yang posting kalo saat ini dia  sedang sress. Tapi kita tidak akan membahas panjang lebar tentang bagaimana stress ini, karena saya yakin kalau anda pasti sudah tau bagaimana rasa nya heheh... curcol !!
Bahasan kita saat ini adalah bagaimana olah raga bisa mengurangi stress dan bahkan bisa membuat  stress anda hilang, mau tau olah raga apa saja yang bisa mengurangi stress anda? Di kutip dari situs lifestyle wolipop. Dimana disini dijabarkan ada beberapa olah raga yang bisa menghilangkan stress dan olah raga tersebut merupakan olah raga yang mudah dilakukan dan murah biayanya. Olah raga yang bisa menghilangkan stress diantara nya adalah olahraga renang, dansa,olah raga outdoor, jalan sehat dan lompat tali. See mudahkan, semua olah raga tersebut sangat efektif untuk menghilangkan stress anda dan membuat anda tenang. Jika anda saat ini sedang berada dalam keadaan stress maka luangkanlah waktu anda sebentar untuk bisa melakukan salah satu olah raga diatas. Dan selamat datang didunia no stress. Hee
Dari beberapa manfaat diatas maka bisa dikatakn kalau olah raga itu bukanlah lagi suatu hal yang sepele lagi, ayo kita semua mulai berolah raga karna kita cinta pada diri kita, keluarga dan orang – orang yang mencintai kita.

2. Bagaimana olah raga yang baik?

Setelah mengetahui betapa pentingnya olah raga, maka pasti anda semua ingin tau bagaimana olah raga yang baik itu sehingga dampak yang baik akan bisa tercapai dari sebuah olah raga tersebut. Masih banyak dari kita yang tidak paham tentang apa yang harus dilakukan sebelum dan sesudah olah raga, karena apa yang kita lakukan sesudah dan sebelum berolah raga itu akan sangat berpengaruh terhadap reaksi dalam tubuh kita. Kualitas olah raga yang baik akan ditunjang oleh pemanasan yang baik, sebaik nya sebelum anda berolah raga harus melakukan peregangan dan pemanasan yang memadai agar tubuh anda sehingga tidak terkejut dan tidak terjadi keram saat anda berolah raga. Pernah meihat pertandingan bola? Sebelum para pemain masuk kelapangan meraka selalu melakukan pemanasan dengan berlari – lari kecil dan juga melompat – lompat. Naaah .. atlet saja yang sudah pasti berlatih tiap hari masih melakukan pemanasan bagaimana dengan kita yang olah raga nya sekali seminggu saja itupun kalo gak ketiduran. Oppss .. salah ngomong heheh just kidding. Sama penting nya dengan pemanasan, pendinginan juga sangat menunjang kesehatan tubuh kita. Karena bisa mengurangi resiko cedera yang terjadi setelah berolahraga.Lee Boyce, seorang pelatih kebugaran dan pemilik Boyce Training System,Toronto menyarankan untuk melakukan pendinginan seperti aerobik ringanatau berjalan santai di treadmill setelah berolahraga. Berikut adalah cara melukakan olah raga yang baik yang akan membuat anda nyaman dan mendapatkan hasil yang baik.

A.       Terus menerus

Sesuatu yang kita lakukan secara terus menerus akan menjadi kebiasaan dalam hidup kita. Jika kita melakukan suatu kebiasaan buruk secara berkesinambungan dan terus – menerus maka kehidupa kita lama – kelamaan akan menjadi kehidupan yang berkualitas buruk dan tidak sehat. Seperti anda anda harus setiap hari selalu makan junk food atau fast food dan tiu rutin anda lakukan secara teratur. Lama  kelamaan lemak yang ada pada junk food atau fast food tersebut akan banyak dan tertimbun dalam tubuh anda yang nanti nya akan menjadi suatu penyakit yang sangat mematikan seperti kolesterol atau jantung. Namun jika anda melakukan sesuatu yang baik atau sehat secara teratur maka sudah pasti bisa dibayangkan kalo kesehatan anda akan membaik setiap hari nya dan bahkan anda akan kelihatan awet muda karena tubuh anda sehat. Ahli kesehatan sangat menganjur berolah raga secara teratur , terutama bagi orang yang tidak banyak melakukan kegiatan fisik. Olah raga secara teratur akan bisa membuat anda mengendalikan berat badan , menyehatkan jantung ,membuat tidur lebih sehat, awet muda, memperkuat tulang dan banyak lagi. Dilansir dari sebuah situs yang di posting oleh tim Olvista. So ,Ayo sediakan waktu anda dan atur jadwal anda agar anda bisa mempunyai jadwal tetap untuk berolah raga.

B.      Sesuai dengan hobi

Olah raga yang dilakukan sesuia dengan hobi yang anda miliki akan membuatnya tidak terasa membosankan , sehingga anda tidak akan merasa terpaksa untuk melakukannya.
Apakah hobi anda?apakah berolah raga ? haha ... jawab sendiri ya . saya akan menceritakan seorang pengusaha kaya yaitu Bapak Sandiaga Uno , ada yang kenal? Hehe .. beliau adalah merupakan salah seorang pengusaha yang kaya dan juga dermawan. Tapi dibalik dari semua itu adalah hobi nya dalam berolah raga. Beliau sangat hobi berenang dan juga berlari . kalau dalam satu minggu itu adalah 7 hari maka 5 hari dihabiskannya untuk berolah raga. Saking cinta nya dengan olah raga beliau selalu rutin untuk berolah raga dan beliau melakukanya denga senang hati. Karena itu adalah hobi nya, kesukaan nya. Anda harus bisa menemukan olah raga apa yang anda sukai. Olah raga apa yang tidak akan membuat anda bosan dan segara lakukan.
Itu dalah beberapa cara olah raga yang baim yang bisa anda lakukan agar anda bisa segera mempraktekanya.

3. Jika tidak olah raga ?

Hidup adalah pilihan , ada yang setuju ? saya adalah orang yang setuju dengan pendapat ini. Kenapa? Karena setiap hari dalam hidup kita adalah merupakan pengambilan keputusan. Keputusan yang kita ambil tidak jauh – jauh dari pilihan apa yang baik dan apa yang buruk. Sama hal nya dengan berolah raga. Anda sangat bebas sekali memilih apakah anda ingin berolah raga atau tidak. Tapi ingat hidup itu adalah pengambilan keputusan tentang pilihan  mana yang baik dan mana yang buruk. Berikut ada beberapa hal yang akan terjadi jika anda tidak berolah raga.
A.      Tidak sehat

Tentu olah raga bukan satu – satu nya cara untuk hidup sehat, masih banyak cara lain untuk sehat seperti makan – makanan sehat , tidur dengan teratur. Namun olah raga adalah penunjang tubuh kita apalagi bagi anda yang bekerja di depan komputer dan tidak sering menggerakkan badan.  Dengan tidak melakukan olah raga maka anda akan berpotensi akan menjadi tidak sehat dan terjangkit berbagai macam penyakit.

B.      Malas

Yuup sudah pasti malas , orang yang tidak suka berolah raga maka meraka tidak bisa mengawasi diri mereka sendiri. Meraka terlalu mengikuti kemalasan meraka sehingga tidak mau bergerak dan tidak mau bangun pagi. Sehingga sudah bisa dipastikan orang yang tidak suka berolahraga adalah orang yang malas . paling tidak dia adalah orang yang malas bergerak. Hee

C.      Be stress
Saat banyak masalah yang dihadapi kepala tearsa pusing dan berat, Badan terasa kaku, maka olah raga manjadi alternatif yang sangat mudah dilakukan, tapi jika saat anda stress hanya tidur seharian itu malah akan membuat anda bertambah stress. Olah raga adalah cara paling ampuh untuk menghilangka stress. Jika tidak olah raga maka selamat datang didunia be stress.
Sekian ulasan tentang olah raga semoga anda bisa mengambil manfaat yang ada dalam tulisan ini. Dan semoga anda juga bisa mencintai olah raga setelah membaca tulisan ini. Terima kasih dan ayooo olah raga. 








2 komentar:

  1. lanjutkan naskahnya ya, baca buku buku referensi lainnya ya. semoga terbit ya. jadi penulis buku yang banyak mengajak orang hidup sehat.

    BalasHapus