Sabtu, 28 Mei 2016

JANGAN MELUDAH DI SUMUR YANG AIR NYA KAMU MINUM

unexpected Presentation
Baru -  baru ini saya menonton sebuah video motivasi di media sosial saya yaitu Facebook.  Bagi saya video tersebut sangat menginspirasi diri saya sendiri tentunya.  Video singkat yang sangat berkesan dari seorang motivator yang sangat saya hormati,  beliau terkenal dengan motivator sukses mulia, 
yaitu Bapak Jamil Azzaini,  Beliau adalah salah satu tokoh yang sangat inspirasional ,  dari perjalanan hidupnya yang sangat penuh dengan semangat dan juga cara dia mengambil pelajaran yang dapat dipetik di setiap perjalanan hidup nya.  saya sering mendapatkan semangat dan ilmu baru dari beliau. 

Dalam video yang saya tonton tersebut beliau menyebutkan ada beberapa tipe dari karyawan dan salah satu nya adalah karyawan yang suka menjelek -  jelekan perusahaan tempat dia bekerja, yaaah...  memang banyak didunia kerja kita temukan karyawan yang seperti ini. Apakah diperusahaan tempat anda bekerja juga ada?  Saya yakin pasti disetiap perusahaan ada yang seperti itu,  bisa saja sekelompok orang,  beberapa orang,  2 orang atau 1 orang.  Ini sebenarnya sesuatu yang wajar karena setiap orang pasti merasakan kesan yang berbeda satu sama lain nya, setiap orang berhak untuk menyukai atau tidak menyukai sesuatu.  Tapi yang keliru didalam hal ini adalah cara seseorang tersebut mengekspresikan kesan mereka masing -  masing.  Yaa kesan yang berlebihan terhadap sesuatu akan menyebabkan action yang juga berlebihan,  begitu juga dengan ketidaksukaan. Disini pak Jamil mengungkapkan dengan sebuah ungkapan ' jangan meludah di sumur yang air nya kamu minum'  karyawan diibaratkan dengan orang yang meludah sedangkan sumur yang airnya diminum itu di ibarat kan sebagai perusahaan tempat si karyawan itu bekerja.  Jika kita bayangkan dan  pikirkan lebih mendalam tentang makna dari ungkapan tersebut maka mungkin saya kita merasa jijik minum disumur itu karena kita telah meludahi nya dengan ludah kita sendiri.  tapi ironis nya banyak yang tidak menyadari hal ini. 
Saya berharap agar setiap orang khususnya karyawan bisa berfikir lebih positif dan melakukan hal yang lebih berarti dari pada hanya sekedar menjelek -  jelekkan perusahaan tempat kita bekerja.  seperti Yang dikatakan oleh ippho santosa dalam seminarnya 'Meraih 100 juta pertama '  jika kita menjelek kan perusahaan kita sendiri didepan teman kita yang lain maka orang lain akan menilai kita bekerja diperusahan yang tidak benefit,  tapi jika kita membanggakan perusahaan tempat kita bekerja saat ini maka orang akan menilai kita sebaliknya. 
So ayo mulai dari sekarang ubah cara berfikir kita,  udah mind set kita, ubah usaha dan action kita, InsyaAllah hidup kita akan berubah dan juga pendapatan kita juga akan berubah aamiin.  Seperti yang dikatakan oleh Dalai lama dan Mahatma Gandhi  "berfikir baik,  berbicara baik dan berperilaku baik" maka hasilnya pasti baik.. 
salam sukses untuk kita semua... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar